Rabu, Mei 22, 2024
Rabu, Mei 22, 2024

Bupati Butur Sidak Pasar Sentral

IKHTIARNUSANTARA.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur) Dr. Muhammad Ridwan Zakariah bersama jajarannya sidak Pasar Sentral Mina-minanga Kulisusu guna memastikan stabilitas harga dan ketersediaan sembako untuk masyarakat setempat, Jumat (16/2).

Pantauan tersebut, harga sembako secara umum masih stabil, bila dilihat dari harga sebelumnya, termasuk pasokan stok komoditas juga masi terlihat cukup tersedia.

Sekalipun situasi pasar stabil, harapannya, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Butur diminta untuk terus memantau ketersediaan stok dan harga sembako.

Langkah itu dilakukan sebagi bentuk komitmen Pemerintah untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga, khususnya menjelang momentum bulan puasa dan hari Raya Idul Fitri 2024.

Adapun keterangan yang diperoleh dari Plt. Kadis Perindag Sahrun Akri  menjelaskan, komoditas pangan khususnya beras, telur ayam, bawang dan lainnya, saat ini masi dominan berasal dari luar Butur.

“Seperti beras, stok beras lokal kita di penggilingan petani mengalami kekurangan, hal ini disebabkan karena belum memasuki musim panen, dan kita ketahui sendiri, petani beras di Butur, mayoritas masih ketergantungan dengan air hujan,” ungkapannya.

Ia menjelaskan, situasi seperti ini bisa memicu adanya permainan harga dari para spekulan. Karena, bahan pangan tersebut tiba di Butur telah melalui beberapa tangan pedagang.

“Tentunya kalau tidak dikontrol, akan berpengaruh terhadap harga di tingkat konsumen,” ujar Sahrun Akri pada kesempatan tersebut.

Diketahui, kegiatan itu dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Pemerintah dan Politik Dra. Muliana, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, yang juga selaku Plt. Kasat Pol-PP Hasanun. (Rls)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Berita Terbaru