Jumat, Mei 24, 2024
Jumat, Mei 24, 2024

Kesbangpol Butur Rekrut Calon Paskibra 2024

IKHTIARNUSANTARA.COM, BURANGA – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buton Utara (Butur) tengah melakukan perekrutan calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra) tingkat kabupaten sejak 20 Februari 2024 lalu.

Ketgam : Peserta calon Paskibra saat menghadiri pembukaan di lapangan Raja Jin Kulisusu.

Analis Wasbang dan Admin Seleksi Calon Paskibraka Butur La Ode Sajali, SE.,M.A.P mengatakan, pendaftaran dilakukan sejak tanggal 20 sampai 29 Februari 2024.

“Pendaftaran dimulai tanggal 20 sampai 29 Februari 2024, jadi verifikasi berkas itu berlanjut kurang lebih tiga hari setelah itu kita jedah ramadhan,” kata Sajali saat ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Ketgam : Peserta calon Paskibra saat menjalani latihan baris berbaris di halaman kantor Kesbangpol Butur.

Selanjutnya, ia katakan, selesai lebaran Idul Fitri dimulai seluruh tahapan. Pendaftaran, kemudian seleksi administrasi tanggal 29 sampai tanggal 1 April 2024.

Kemudian di tahapan selanjutnya wawasan kebangsaan dan pancasila bersamaan seleksi intelijensi umum tanggal 19 April 2024.

Ketgam : Peserta calon Paskibra saat menjalani latihan Kesamapta di halaman Kantor Kesbangpol Butur.

“Selanjutnya kemarin, tanggal 20 April kami lanjut seleksi kesehatan kedua, setelah itu tanggal 21 April seleksi parade, kemudian kita lanjutkan seleksi baris berbaris selama dua hari, setelah itu dilanjutkan seleksi kesamamptaan. Insyaallah kita targetkan selesai, besok kami jadwalkan seleksi kepribadian paling lama dua hari, setelah itu kami kami lanjutkan tanggal 30 April 2024 mengirim calon peserta untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi di Kendari,” ungkapnnya.

Ketgam : Calon Paskibra saat menjalani tes wawasan kebangsaan di Hotel Saraea Kulisusu.

Mantan Kepala Bidang Mutasi, Pengadaan dan Kedudukan Hukum BKPSDM Butur ini menambahkan, jumlah kuota yang diberikan hanya dua orang untuk Paskibra provinsi, sisa tunggu pengumuman.

Pengumuman Paskibra berbeda dengan perekrutan, kalau proses perekrutan itu dimulai dari kabupaten/kota diteruskan ke provinsi kemudian ke nasional. Tapi kalu pengumuman hasil di mulai dari pusat, kemudian provinsi, kemudian pengumuman tingkat kabupaten.

Ketgam : Calon Paskibra saat menjalani tes Intelijensi Umum di Hotel Saraea Kulisusu.

Kenapa seperti ini, karena untuk menjaga utusan jangan sampai yang kirim dipusat dianggap tidak memenuhi syarat untuk mengikuti Paskibra provinsi sehingga akan dikembalikan di kabupaten. 

“Tentu yang merumuskan pengumuman itu dari pusat setelah itu dikembalikan ke kabupaten untuk ditandatangani oleh panitia dalam hal ini Sekda,” jelas Sajali.

Ketgam : Calon Paskibra saat menjalani samapta lanjutan di halaman Kesbangpol Butur.

Olehnya itu, ia berharap dari rekrutmen Paskibra tahun ini berjalan dengan baik dan tanpa kendala apa pun serta target utama bisa melahirkan Paskibra lebih baik dari tahun sebelumnya.

Untuk diketahui, jumlah peserta yang mendaftar 162 orang dari perwakilan SMA di enam kecamatan se Kabupaten Butur. Akan di terima 70 orang, untuk provinsi dua orang jadi ditotal 72 orang. (Adv)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Berita Terbaru