Jumat, Mei 24, 2024
Jumat, Mei 24, 2024

Kodim 1429 Butur Tanam Ribuan Pohon Mangrove di Pesisir Pantai

IKHTIARNUSANTARA.COM, BURANGA – Guna mencegah abrasi dan peningkatan pelestarian lingkungan, Kodim 1429/Butur bersama Forkopimda serta masyarakat melakukan penanaman seribu pohon mangrove di kawasan pesisir pantai Minaminanga, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara (Butur). Senin, 15 Mei 2023.

Dandim 1429/Butur Letkol Kav. Khomarudin, ST dalam kesempatan itu mengungkapkan, pihaknya melaksanakan kegiatan tersebut sebagai wujud sinergitas guna menjaga pelestarian lingkungan pesiar pantai dan hal itu dilakukan secara nasional.

“Hutan mangrove menjadi sumber daya alam, bisa menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang nyaman, hingga mencegah bencana alam,” ujarnya.

Mangrove sangat penting sebagai penjaga pantai dari abrasi dan juga manfaat hutan mangrove untuk mencegah naiknya air laut ke daratan, mencegah erosi, hingga darat. Pelestarian alam hutan mangrove dapat dilakukan dengan cara menanam pohon mangrove di pesisir pantai seperti yang dilakukan saat ini.

“Dengan adanya kegiatan penanaman mangrove ini masyarakat diharapkan ikut serta menjaga ekosistem mangrove di kawasan pesisir pantai,” jelas Dandim 1429/Butur Letkol Kav. Khomarudin, ST melalui pesan Whatsappnya beberapa waktu lalu.

Diketahui, berdasarkan keterangan tertulis dari Puspen TNI, penanaman mangrove nasional secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia dilaksanakan di 370 lokasi penanaman di 37 provinsi dengan jumlah 1.100.169 bibit mangrove yang ditanam.

Jumlah tersebut meliputi Angkatan Darat di 231 lokasi penanaman dengan 572.669 bibit, Angkatan Laut di 79 lokasi penanaman dengan 443.700 bibit, dan Angkatan Udara di 60 lokasi penanaman dengan 83.800 bibit. Kegiatan tersebut di pimpinan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. (Rls/ikn)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Berita Terbaru