Rabu, Mei 22, 2024
Rabu, Mei 22, 2024

Program TMMD Ke-117 di Butur Resmi Ditutup

IKHTIARNUSANTARA.COM, BURANGA –Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-117 Kodim 1429/Butur resmi ditutup di lapangan sepak bola, Desa Marga Karya, Kamis (10/08).

Penutupan program TMMD yang ditempatkan di Desa Koboruno, Kecamatan Bonegunu dan Desa Marga Karya, Kecamatan Kulisusu Barat itu dilakukan oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) 143 Haluoleo, Kolonel Inf. Singgih Prambudi Arianto, S.I.P, MM.

Penutupan TMMD tersebut sekaligus dirangkaikan dengan pembagian 30 paket Sembako kepada warga yang tidak mampu dan lansia.

Kasrem 143 Haluoleo, Kolonel Inf. Singgih Prambudi Arianto dalam kesempatan itu meminta agar hasil program TMMD ke-117 dirawat dan dipelihara dengan baik. “Rawat dan pelihara hasil program TMMD ke-117 ini sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang lama,” ungkap Kolonel Inf. Singgih Prambudi Arianto.

“Kegiatan yang dimulai pada tanggal 12 Juli 2023, dimana TNI bersama berbagai komponen masyarakat, bahu membahu menyelesaikan sasaran TMMD ke-117 baik fisik maupun non fisik,” tambahnya.

Lebih lanjut, tujuan dari TMMD adalah membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan guna menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

Hal ini merupakan wujud implementasi dari perintah harian Kasad pada point ketujuh yang berbunyi, tingkatkan sinergitas dengan pemerintah, Polri dan komponen bangsa lainnya dalam rangka menyukseskan program pemerintah.

“Program TMMD ini juga searah dengan slogan Kodam XIV/Hasanuddin, 6K di Hati Kita, khususnya pada point kerakyatan yakni prajurit Kodam XIV/Hasanuddin dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Apapun yang kita lakukan harus bermanfaat untuk rakyat. Keberadaan kitapun harus bersama-sama dengan rakyat,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya meminta kepada para Dansatgas TMMD ke-117 agar melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan kegiatan untuk dijadikan bahan perbaikan pada masa yang akan datang.

“Optimalkan sisa waktu yang ada dalam menyiapkan produk laporan dan menghadapi lomba karya jurnalistik TMMD Ke-117 yang batas waktunya sampai dengan 6 (enam) hari kedepan,” ungkapnnya.

Dia menambahkan, ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi dan kerja keras para prajurit TNI-Polri, aparat Pemda serta komponen masyarakat lainnya yang terlibat kegiatan tersebut, sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar.

“Saya menyampaikan permohonan maaf apabila selama pelaksanaan kegiatan, terdapat tutur kata maupun tingkah laku para prajurit Kodam XIV/Hasanuddin yang kurang berkenan,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Dandim Butur Letkol Kav. Khomarudin S.T menjelaskan program TMMD ke-117 terdiri dari kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan Fisik antara lain
peningkatan jalan usaha tani Desa Marga Karya sepanjang 17 Km, pembuatan deker, pembuatan 1 unit RTLH Desa Lapandewa, pembuatan Mesjid 1 unit Desa Koboruno, Kecamatan Bonegunu.

Untuk kegiatan non fisik sendiri terdiri dari penyuluhan Poswindu, penyuluhan Wasbang dan Beineg, penyuluhan Stunting, penyuluhan Pos Yandu, penyuluhan Narkoba, penyuluhan pertanian dan penyuluhan Medsos.

“Alhamdulillah dengan gotong royong bersama masyarakat setempat semua kegiatan fisik maupun non fisik TMMD ke -117 dapat terlaksana sesuai target,” tutupnya. (Wan)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Berita Terbaru