Jumat, Mei 24, 2024
Jumat, Mei 24, 2024

Setahun Beroperasi, Perpustakaan Moderen Sultra Dikunjungi ± 200 Orang Perhari

IKHTIARNUSANTARA.COM, KENDARI – Perpustakaan modern bertaraf internasional Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah dikunjungi menjadi kurang lebih 200 orang perhari selama tahun 2023.Gedung perpustakaan modern bertaraf internasional tersebut berada di Jalan Sao-sao, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra Nur saleh mengatakan, pihaknya telah berupaya berbagai macam program untuk meningkatkan jumlah kunjungan di perpustakaan modern supaya dapat meningkatkan minat pembaca masyarakat di Bumi Anoa.

“Pengujung yang datang di perpustakan sangat luar biasa karena rata-rata diatas 200 orang perhari. Bukan hanya itu, bahkan di awal tahun kami pernah ciptakan 800 orang pengujung dalam satu hari dan
Itu sangat luar biasa,” kata Nur saleh saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 11 April 2023.

Lanjutnya, sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Sultra, pihak juga akhir tahun kemarin mengadakan lomba literasi yang diikuti anak-anak tingkat SMP dan SMA.

“Kita harus berikan apresiasi dan kita tingkatkan semoga kedepannya bukan hanya tingka SMP atau SMA tapi perguruan tinggi dan masyarakat umum harus di libatkan,” ujarnya.

Untuk itu, harus memberikan apresiasi kepada teman-teman pelayan yang telah memberikan totalitas mereka dan dedikasinya telah membuka jam kerja di hari Sabtu. Karena ini semata-semata upaya menterjemakan visi besar Gubernur dan Wakil Gubernur dalam peningkatan sumber daya manusia ( SDM) masyarakat Sultra melalui perpustakaan.

“Kita harus memberikan apresiasi kepada Gubernur Sultra H. Ali Mazi bersama Wakilnya Lukman Abunawas dengan Visi besarnya serta dukungan dari DPRD dan pihak-pihak lain yang bersepakat untuk menghadirkan perpustakaan moderen bertaraf internasional tengah-tengah Kota Kendari Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Ia menambakan, diera globalisasi saat itu tidak harus menutup mata bahwa tantangan perpustakaan dengan kemajuan teknologi ini tidak bisa di bendung sehingga pihak menyesuaikan dan pada akhirnya orang-orang di luar sana bisa mengakses apa-apa konten di perpustakaan seperti melalui Youtube.

“Beberapa konten yang sudah dikemas dari pihak perpustakaan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada semua pengunjung,” tutupnya.

Di tempat yang sama Koordinator Layanan dan Kerjasama Perpustakaan, Herlina menyampaikan bahwa jelang ramadan total pengunjung sampai saat ini dengan jumlah data 2920.

“Dengan jumlah tersebut pengunjung yang berkurang jelang ramadan ini hanya anak-anak sekolah karena pada saat ini mereka lagi libur,” ucapnya. (tino v/js)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Berita Terbaru