Rabu, Mei 22, 2024
Rabu, Mei 22, 2024

Dr Bahri dan Adik Mantan Bupati Kembali Diusul Sebagai Calon Pj Bupati Mubar Periode Kedua

IKHTIARNUSANTARA, LAWORO – Masa jabatan Dr Bahri sebagai Penjabat Bupati Muna Barat akan berakhir dua bulan kedepan. Menjelang masa tugas di periode pertama berakhir, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat sudah mengusulkan nama-nama calon PJ Bupati di daerah pemekaran Kabupaten Muna tersebut. Nama Dr Bahri menjadi salah satu nama yang diusulkan DPRD Muna Barat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sementara dua nama lain yang diusulkan lembaga legislatif itu adalah Kepala satuan Polisi Pamong Praja, La Ode Daerah Hidayat  serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi LM. Muhammad Ali Haswandy. Dua nama terakhir ini, sama-sama pejabat eselon dua di  Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ada yang menarik dari usulan nama-nama calon Pj Bupati Mubar periode 2023-2024 ini.  Dr Bahri misalnya, saat ini dia tercatat sebagai Pj Bupati Muna Barat. Sementara La Ode Daerah Hidayat merupakan adik kandung mantan Bupati Muna Barat La Ode Rajiun. Saat pengusulan calon Pj Bupati Muna Barat periode pertama nama La Ode Daerah juga masuk dalam bursa pencalonan Pj bupati kala itu. Namanya diusul oleh Gubernur Sultra Ali Mazi. Namun sayang, Kemendagri memilih Dr Bahri sebagai Pj Bupati Muna Barat.

Usulan tiga calon Pj Bupati Muna Barat periode 2023-2024 disepakati dalam rapat paripurna DPRD Muna Barat Selasa, 4 April 2023. Usulan calon Pj ini bertepatan dengan 52 hari sisa jabatan Bahri sebagai Pj Bupati Mubar periode 2022-2023 akan berakhir.

DPRD Mubar menetapkan calon PJ Bupati Mubar guna menindaklanjuti surat Kemendagri nomor 100.2.1.3/1773/SJ yang ditujukan kepada 41 DPRD kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang saat ini dipimpin oleh Pj kepala daerah. Dalam surat itu disebutkan, Pj bupati/walikota sebagaimana terlampir akan berakhir masa jabatannya pada Mei 2023, sehingga perlu mengisi kekosongan jabatan bupati/walikota sesuai ketentuan perundang-undangan.

Wakil Ketua II DPRD Muna Barat Agung Darma, mengatakan sebagaimana terlampir dalam surat tersebut bahwa, masa jabatan Pj Bupati Muna Barat Bahri akan berakhir pada Mei 2023 mendatang, maka pihaknya diminta mengusulkan tiga nama calon untuk menjadi bahan pertimbangan Mendagri dalam menetapkan Pj bupati/walikota.

“Kita (DPRD) diminta untuk usulkan tiga nama ke kemendagri,” kata Agung Darma, Rabu (5/4/2023). Politisi partai Demokrat itu mengaku ketiga nama tersebut merupakan usulan pimpinan masing-masing ketua partai. Selanjutnya  nama tersebut akan di bawa ke Kemendagri pada Senin mendatang. (Sri Wahyuni/lenterasultra.com)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Berita Terbaru