Jumat, Mei 24, 2024
Jumat, Mei 24, 2024

Pemprov-ABV Sultra Akan Gelar Sunday Night Volleyball 2024

IKHTIARNUSANTARA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara bekerjasama dengan Asosiasi Bola Voli Sultra (ABV Sultra), akan menggelar Sunday Night Volleyball 2024 (SNV24). Dimana kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari sejumlah pihak, diantaranya Universitas Haluoleo, Asessment Center Polri-Biro SDM Polda Sultra, Dua Laode United, Bank Sultra, Bank Bahteramas, PT Tiga Matra Indonesia, dan PT SMN Bangun Nusantara.

Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD mewakili Pemerintah Provinsi Sultra saat menerima kunjungan ABV Sultra, kemarin di Kendari, memberikan dukungan terhadap kegiatan yang bernilai positif tersebut, karena dianggap mampu menjaring pemain-pemain terbaik yang ada di Bumi Anoa. Termasuk bagaimana mengajak masyarakat untuk memanfaatkan waktu akhir pekan dengan hal yang positif, diantaranya dengan berolahraga, seperti yang kerap disampaikan oleh Pj Gubernur Sultra, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto SIK MH.

“Semangat olahraga ini juga sejalan dengan apa yang selalu disampaikan oleh Pj Gubernur Sultra. Untuk itu, Pemprov Sultra memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Sunday Night Volleyball 2024 (SNV24), dimana kegiatan ini berupa pertandingan bola voli yang dilaksanakan setiap Minggu malam setiap pekannya,” tuturnya.

Menariknya, lanjut dia, SNV24 ini merupakan pertandingan resmi cabor bola voli yang dimainkan dengan sistem tiga set kemenangan, serta dipimpin oleh Wasit profesional dan memiliki lisensi resmi secara Nasional. Dengan demikian, SNV24 ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi seluruh atlet bola voli Sultra, untuk menunjukkan kemampuan terbaik dalam pertandingan resmi bola voli.

“Harapan dan cita-cita besar seluruh stakeholder bola voli Sultra yakni hadirnya tim Pro Liga asal Sultra merupakan tujuan jangka panjang dari kegiatan SNV24. Untuk mewujudkan cita-cita besar itu bukanlah hal yang sulit mengingat Sultra merupakan daerah kaya-raya dengan potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah serta memiliki talenta-talenta potensial untuk menjadi atlet bola voli profesional. SNV24 sedang meniti jalan menuju cita-cita besar itu,” harap Jenderal ASN Provinsi Sultra ini.

Sementara itu, Pihak Asosiasi Bola Voli Sultra, La Ode Songko Panatagama menjelaskan, SNV24 merupakan program Asosiasi Bola Voli Sultra (ABV Sultra) yang bekerjasama dengan Pemprov Sultra, serta mendapatkan dukungan sejumlah pihak. Adapun SNV24 berupa pertandingan bola voli yang dilaksanakan setiap Minggu malam pada setiap pekan, yang terdiri dari pertandingan tim putri (Jam 18.30-20.00) dan pertandingan tim putra (Jam 20.00-22.00).

“Didalam SNV24 ada istilah Sultra All Star (SAS), yakni berupa tim bola voli yang berisi pemain-pemain terbaik Sultra, baik itu putra dan putri yang berasal dari berbagai club bola voli di Sultra, dan telah dinyatakan lolos dalam seleksi yang dilaksanakan oleh Pemprov Sultra dan ABV Sultra dan menjadi tim tetap yang bertanding dalam kegiatan SNV24. Sultra All Star (SAS) inilah yang akan menjadi cikal-bakal dari terwujudnya mimpi besar berupa lahirnya Pro Liga asal Sultra,” katanya.

Pria kelahiran Muna Barat ini menjelaskan, pemain yang tergabung dalam tim SAS nantinya, akan menerima fasilitas berupa uang saku bulanan, perlengkapan bertanding, beasiswa dan hal-hal lain yang telah ditentukan oleh Pemprov Sultra dan ABV Sultra. Untuk itu, pemain yang terpilih membela SAS akan dilakukan evaluasi setiap sebulan sekali.

“Apabila grafik penampilan pemain menurun maka akan dilakukan pergantian dengan pemain lain, yang dianggap mampu dan layak untuk berada dalam tim SAS. Kewenangan evaluasi dan pergantian pemain menjadi kewenangan penuh tim penilai pemain yang telah ditentukan oleh Pemprov Sultra dan ABV Sultra,” ujarnya.

La Ode Songko Panatagama melanjutkan, adapun yang akan menjadi kontestan SNV24, yakni tim SAS yang merupakan pemain pilihan dari berbagai club bola voli yang ada di Sultra, dan telah dinyatakan lolos seleksi serta sebagai tim tetap yang akan bertanding menghadapi club bola voli Sultra yang juga telah mendaftarkan diri untuk bertanding di SNV24, yang rencananya tergelar di Lapangan Al-Farabi setiap Hari Minggu malam Jam 18.30 (putri) dan Jam 20. 00 (putra).

“Adapun club yang akan bertanding dalam kegiatan SNV24 ini, terlebih dahulu mendaftarkan clubnya, berjumlah minimal 9 orang dan maksimal 14 orang. Wajib mengenakan jersey seragam (baju-celana) dan dilengkapi dengan nomor punggung dan nomor dada. Apabila club yang bertanding belum memiliki jersey seragam maka ABV Sultra menyiapkan jersey untuk digunakan saat pertandingan dan dikembalikan setelah pertandingan selesai,” ucapnya.

Dia menambahkan, bagi setiap tim yang memenangi pertandingan dalam kegiatan SNV, akan mendapatkan trophy dan reward berupa uang tunai 1 juta rupiah dan bagi tim yang kalah akan mendapatkan reward berupa uang tunai Rp 500 ribu serta hadiah lainnya dari sponsor kegiatan.

“Untuk diketahui, Tim SAS ini juga merupakan proyek jangka panjang Pemprov Sultra dan Asosiasi Bola Voli Sultra (ABV Sultra) yang berisi pemain putra putri kelompok umur U-15, U-17, U-19 dan U-23, yang dilatih dan ditempa dalam satu tim, guna dipersiapkan untuk mengikuti turnamen diluar Sultra, guna melatih mental bertanding, menambah jam terbang dan pengalaman bertanding, sehingga terbentuk tim yang solid dan siap berkompetisi dijenjang profesional,” pungkasnya. (Rls)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Berita Terbaru