Rabu, Mei 22, 2024
Rabu, Mei 22, 2024

Staf Ahli Bupati Butur Kunjungan Kerja di Sulsel

IKHTIARNUSANTARA.COM, MAKASSAR –  Staf Ahli Bupati Buton Utara (Butur) Muliana, La Nita, dan Hasanun melakukan kunjungan kerja dan kajian antar daerah bersama Staf Ahli Bupati/Walikota se-Sulawesi Tenggara (Sultra), di Aula Sekda Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Senin, 20 November 2023.

Kunjungan kerja tersebut diterima Staf Ahli Gubernur Sulsel bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dr. Since Erna Lamba.

Dr. Since Erna Lamba dalam sambutannya mengatakan, best praktis Staf Ahli Gubernur Sulsel meliputi, Staf Ahli dari jalur struktural adalah orang yang paling dekat dengan Kepala Daerah karenanya menjadi pendamping dan speaker Kepala Daerah, sehingga keberadaannya sarat dengan kesibukan.

“Diperlukan perbaikan SOTK dalam peraturan Kepala Daerah tentang peran dan tugas Staf Ahli Kepala Daerah, Ada pembagian tugas Staf Ahli dalam struktur komisi pembahasan APBD, RDP maupun kunjungan kerja DPRD dan eksekutif yang hasil pembahasannya dibuat notulen untuk disampaikan dalam pengambilan keputusan,” ujarnya.

Selain itu, katanya Staf Ahli dituntut untuk terus belajar, senantiasa aktif serta terus mengikuti perkembangan. Membutuhkan kapasitas pemenuhan sarana dan prasarana operasional kegiatan, mempunyai grade yang lebih tinggi dari Kepala OPD.

Bukan hanya itu lanjutnya, Staf Ahli dengan pengalaman tugas sebelumnya menjadi daya ungkit dalam pengabdian dan wacana mengembangkan, membangun koordinasi dengan OPD yang menjadi tugas dan fungsinya, serta memiliki anggaran operasional dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Staf Ahli membuat rumusan dan atau telaah untuk menjadi pijakan dan pertimbangan bagi Kepala Daerah,” ungkap Dr. Since Erna Lamba dalam sambutannya.

Mantan Kadis Ketahanan Pangan dan Kabiro Ekonomi Provinsi Sulsel ini menambahkan, untuk mengatasi inflasi di Sulawesi Selatan mengembangkan gerakan budidaya pisang dan pengembangan rumpon massal (rumah ikan).

Sementara itu dalam upaya penurunan angka stunting Pemprov Sulsel meluncurkan buku pedoman perubahan perilaku percepatan penurunan stunting kerjasama dengan UNICEF, Program aksi stop stunting dengan melepas Tenaga Pendamping Gizi Desa di semua Kab/ kota Se-Sulsel. (Rls)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Berita Terbaru