Rabu, Mei 22, 2024
Rabu, Mei 22, 2024

Sukseskan Pemilu 2024, Kesbangpol Butur Seminar Gerakan Kemitraan

IKHTIARNUSANTARA.COM, BURANGA –Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buton Utara (Butur) gelar seminar gerakan kemitraan bersama perguruan tinggi dan organisasi kemasyarakatan dalam rangka mensukseskan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 di Hotel Sara’ea Kulisusu. Senin, 2 Oktober 2023.

Seminar ini di bukan resmi oleh Sekda Butur Muhammad Hardhy Muslim.

Turut hadir Kepala Kesbangpol Butur Agus Pria Budiana, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Halu Oleo Prof. Dr. Eka Suaib, Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhamadiyah Kendari Dr. Suardin M, KPU Butur, Bawaslu Butur, ketua Ormas se Kabupaten Butur, tokoh masyarakat, tokoh adat dan undangan lainnya.

Sekda Butur dalam sambutannya mengatakan, organisasi kemasyarakatan mempunyai hubungan yang signifikan dengan suksesi Pemilu dan Pilkada serentak di tahun 2024 sebagai mitra pemerintah dalam menjaga situasi dan kondisi yang aman, dengan demikian penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan baik, bersinergi dan komitmen bekerja sama dengan Ormas di daerah.

“Pengawasan eksternal terhadap Ormas dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat, oleh karena itu masyarakat dapat berperan aktif secara langsung sebagai kontrol atas kegiatan ormas, Bentuk pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat dapat dilakukan melalui pengaduan kepada pemerintah daerah. Pengaduan dapat disampaikan secaral tertulis,” ujarnya.

Selain itu kata Sekda Butur, yang berkewajiban menjaga situasi dan kondisi keamanan ketertiban masyarakat Pemilu atau Pilkada serentak tahun 2024 tetapi menjelang juga pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, dan semua stakeholder yang terkait ikut berpartisipasi membangun solidaritas, menjadikan Buton Utara yang rasa lebih nyaman.

“Tanun 2024 supaya dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, berbudaya, berbudi luhur, saling menghargai, bergandeng tangan, bersatu dan cinta kedamaian,” ungkapnnya.

Ditempatkan yang sama, Kepala Kesbangpol Butur Agus Pria Budiana mengatakan, tujuan seminar tersebut bermaksud untuk membangun kerja sama perguruan tinggi dan organisasi kemasyarakatan, KPU, Bawaslu dan pemerintaha daerah dalam mewujudkan pesta demokrasi yang damai menjelang suksesi Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia supaya dapat memahami esensi pendirian dan peran organisasi kemasyarakatan dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak mendatang,” ungkapnya. (Wan)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Berita Terbaru