Jumat, Mei 24, 2024
Jumat, Mei 24, 2024

Wisata Benteng Patua, Pulau Tomia

IKHTIARNUSANTARA.COM, WAKATOBI –Benteng Patua Tomia salah satu benteng peninggalan sejarah masa perlawan penjajahan bangsa Belanda di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Benteng dengan ketinggian 150 kaki di atas permukaan laut itu terletak di Desa Patua II, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Benteng ini juga merupakan salah satu benteng yang memanfaatkan alam, sebab benteng tersebut dibangun di atas bukit sehingga beberapa bagian yang terjal tidak memiliki dinding dan bentuk benteng mengikuti kontur bukit.

Masyarakat setempat mengatakan, Benteng Patua merupakan salah satu benteng pertahanan dari musuh saat masa penjajahan bangsa Belanda.

Sebagai tempat pelantikan atau Baluara, struktur bekas rumah, tempat persembunyian atau masyarakat setempat menyebutnya Lia Oko’a.

Selain itu, juga sebagai tempat pembuatan tikar atau lia kie’a. Kemudian pintu lima sebagi tempat mengintai dan terdapat pintu belakang atau lawa liku sofa dan pintu terluar benteng.

Untuk diketahui benteng itu memiliki tinggi dinding bervariasi 2,5 meter hingga 6 meter dengan ketebalan rata-rata 2,5 m.

Kemudian pembagian ruang di benteng tersebut juga tampak jelas karna setiap ruang di batasi dengan dinding batu karang yang tersusun rapi.

saat memasuki area benteng dan setelah menaiki ratusan anak tangga anda akan menemukan sekitar 200 meter terdapat ruang inti atau aktivitas utama dalam benteng.

Lokasi Benteng Patua dapat di jangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat selama 15 menit dari Pelabuhan Tomia. (B)

Reporter : Rawi Desimar

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Berita Terbaru