Rabu, Mei 22, 2024
Rabu, Mei 22, 2024

Lahan Pertanian Strategis Nasional Akan Diresmikan

IKHTIARNUSANTARA.COM, JAKARTA –  Lahan Pertanian Cadangan Logistik Strategis Nasional akan diresmikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama para kepala daerah secara serentak  pada Sabtu, 15 April 2023.

Penyediaan lahan pertanian ini merupakan kerja sama Kementerian Pertahanan RI dan PT. Palma Pertiwi Makmur (PT PPM) di beberapa provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia.

Untuk tahap awal direncanakan di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Kalimantan Timur, dan Papua.

Sedangkan untuk Kota dan Kabupaten akan diselenggarakan di Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Barat, Lampung Timur, Tanggamus, Subang, Indramayu, Klaten, Cianjur, Wonogiri, Dumai, Rokan Hilir, Siak Kecil, Siak Besar, Raja Ampat, Kutai Kartanegara, Sukabumi, Garut, Pariaman, Pekanbaru, dan lain-lainnya.

Hal itu mengemuka dalam konferensi pers tentang Rilis Media Peresmian Lahan Serentak Strategis di Kantor PT PPM, Menara Palma, Kuningan, Jakarta Selatan.

Dalam konferensi pers ini, hadir dari jajaran PT PPM yaitu Mardiyanto (Presiden Direktur),  Ahmad (Komisaris), Tubagus Bagas Pamungkas (VP Politik Komunikasi Pertahanan), dan  Bambang Yasin (Direktur Investasi).

Selain itu, hadir dari Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia, yaitu Dr. Drs. Suyud Warno Utomo, M.Si, Drs. Raldi Hendrotoro Seputro Koestoer, M.Sc., Ph.D, dan Dr. Bambang.

Presiden Direktur PT PPM Mardiyanto mengatakan kegiatan ini dalam rangka menjalankan amanah konstitusi yang menyebutkan bangsa Indonesia harus terlibat dalam mewujudkan perdamaian dunia.

“Salah satu cara yang kami jalankan adalah membantu Pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan,” ujar Mardiyanto.

Komisaris PT PPM Ahmad dari menambahkan komoditas utama yang ditanam adalah jagung, sedang komoditas lain menyesuaikan dengan kondisi serta harapan masyarakat setempat.

Dr. Suyud Warno Utomo dari Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (UI) mengatakan masyarakat juga perlu diedukasi, misalnya bagaimana cara memanfaatkan batang jagung.

Suyud juga mengingatkan agar program ini terus memperhatikan kelestarian lingkungan.

Tubagus Bagas Pamungkas selaku VP Politik Komunikasi Pertahanan dari PT PPM mengatakan ancaman perang berlarut di Laut China selatan serta perang Rusia-Ukraina selalu mengancam umat manusia, termasuk konflik-konflik di beberapa negara.

Dalam konteks itulah ketahanan pangan menjadi salah satu program kekuatan Indonesia menuju lumbung pangan nasional dan dunia.

Direktur Investasi dari PT. PPM Bambang Yasin mengatakan masyarakat terbantu dengan kegiatan ini dan setiap daerah juga bisa memenuhi kebutuhan pangan di daerahnya, sekaligus berkontribusi untuk ketahanan pangan di dalam negeri.(fri/jpnn/ikn)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Berita Terbaru