Jumat, Mei 24, 2024
Jumat, Mei 24, 2024

PTQ RRI Nasional ke-53 Digelar di Sultra

IKHTIARNUSANTARA.COM, KENDARI – Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) RRI Tingkat Nasional ke-53 tahun 2023 digelar di Pelataran Eks MTQ Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (1/4) Sore. Kegiatan tersebut dibuka langsung Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, H Zainut Tauhid Sa’adi, dan dihadiri langsung gubernur Sultra Ali Mazi.

Wamenag RI H Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, penyelenggaraan PTQ RRI ke 53 adalah kegiatan mulia dan dilakukan secara konsisten dengan berbagai jenis macam lomba.

“Ini sangat bermanfaat dalam rangka memelihara kecintaan dan kesadaran umat Islam untuk mendalami esensi, makna dan hikmah yang terkandung dalam Al-Qur’an sebagai petunjuk yang lurus,” ujarnya.

Menurutnya, gema musabaqah ini diharapkan bisa memberikan dampak sosial dan sentuhan syiar dakwah yang berkesan kepada masyarakat, di tengah dinamika dan tantangan keumatan saat ini.

“PTQ RRI Nasional ke-53 sekaligus merupakan bukti komitmen LPP RRI yang terus memberikan kontribusinya dalam mengembangkan nilai-nilai moderasi beragama di Indonesia,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, salah satu tantangan permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian kbersama adalah upaya membentengi generasi muda muslim dengan penanaman aqidah yang lurus dan pemahaman beragama yang benar.

Sementara itu, Gubernur Sultra Ali Mazi menyambut baik kegiatan PTQ Nasional di Kota Kendari. Pelaksanaan PTQ RRI Tingkat Nasional ini sangat baik dalam rangka meningkatkan kecintaan umat kepada Al Quran.

“Kita tentu meyakini, melalui Pekan Tilawatil Quran dapat memberi dampak positif dari nilai-nilai universal khususnya demi kemajuan masyarakat bangsa dan negara,” ujarnya.

Dirut LPP RRI Hendrasmo mengukapkan, untuk cabang lomba pada PTQ Ke-53 di Kota Kendari, di antaranya Tilawah, Tahfidz Qur’an (Hafalan Qur’an), Tausiah (ceramah) dan Tartil Qur’an Difabel Sensorik Netra.

Pelaksanaan lomba bakal berlangsung diempat titik venue, seperti di Tugu Persatuan Eks MTQ, Masjid Al Alam, Masjid Al Kautsar Kendari dan di Balai Kota Kendari.

“PTQ RRI adalah kegiatan penting dan sangat mulia, terlebih ini secara konsisten terus diselenggarakan sejak dimulai pada tahun 1968,” ungkapnya.

Ia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sultra dan  Wakil Menteri Agama yang sudah membuka acara PTQ RRI.

“Kami memastikan kegiatan ini akan terus berjalan normal sesuai agenda dan meminta dukungan publik untuk mensukseskan kegiatan ini,” paparnya. (d4r)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

IKLAN

Berita Terbaru